Selasa, 22 September 2009

Berdampak atau Terdampak

Seseorang yang tidak membuat dampak buat suatu lingkungannya sudah pasti sedikit banyak akan terdampak oleh lingkungannya. Dari cara berkata, bertindak, berespon, berpikir, dan karakternya kita bisa melihat apakah dia pribadi yang berdampak atau terdampak dari lingkungan sekitarnya.

Kalau kita tidak mau terdampak oleh lingkungan kita, kita harus membuat dampak. Mungkin dampak kecil yang bisa kita buat misalnya ketika orang lain berbohong kita berkata jujur, ketika semua orang menerima suap kita menolak suap dan hal-hal lainnya. Kalau kita tidak buat dampak tersebut maka lama kelamaan kita juga akan menjadi bagian dari lingkungan tersebut atau dengan kata lain kita adalah orang yang terdampak.

Ikan yang segar apabila di masukan ke dalam freezer akan bertahan lama karena freezer memberi dampak kepada ikan tersebut dengan membuatnya beku, tapi apabila freezer itu mati listrik, maka ikan tersebut akan mulai membusuk dan berbau busuk, sehingga lama kelamaan seluruh freezer akan bau dengan bangkai ikan. Dan saat itulah ikan berdampak terhadap freezer. Freezer berhenti berdampak, Ikan akan berdampak.

Di sini kita bisa lihat kalau kita tidak berdampak, lingkunganlah yang akan berdampak terhadap kita serta kalau kita berhenti berdampak, lingkungan juga lah yang akan masuk pelan-pelan dan berdampak dalam hidup kita. Kalau dampak positif yang di beri lingkungan buat kita itu bagus sekali, tapi kalau negatif itu adalah saatnya kita berdampak atau lama kelamaan kita juga akan terdampak negatif dan mungkin dampak itu tidak disadari secara langsung.

Jadi Berdampaklah Positif atau anda akan Terdampak.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar